Sabtu, 14 Februari 2009

PROFIL PUSKOPANTI Jawa Barat

PUSKOPANTI Jawa Barat berawal dari Bapak Andra A. Ludin sejak usia 25 tahun (1985) telah aktif mengembangkan perkoperasian yaitu ikut mendirikan Koperasi Serba Usaha Panca Bhakti (KOPANTI) yang didirikan pada tanggal 2 Mei 1985 yang dibentuk dengan Badan Hukum No. 8252.A/BH/KWK-1-/21.
Atas saran dan pengarahan dari Kepala Kantor Departemen Koperasi Kotamadya DT II Bandung maka sejak tanggal 14 Mei 1987 Koperasi Serba Usaha Panca Bhakti berubah menjadi Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti (KOPANTI) Kotamadya DT II Bandung.
Atas usaha nyatanya, pada tanggal 5 Juni 1993 mendapat penilaian dari tingkat propinsi sehingga koperasi tersebut dikembangkan di wilayah propinsi Jawa Barat dengan Badan Hukum No. 8252 B/BH/KWK-10/1.
Dalam posisinya KOPANTI tersebut dikembangkan menjadi Pusat Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti (PUSKOPANTI) dengan Badan Hukum 876/BH/KWK.10/X/1998.
PUSKOPANTI Jawa Barat adalah salah satu koperasi bersistem ekonomi kerakyatan terutama membangun dan mengembangkan tatanan ekonomi para pedagang kaki lima yang selama ini selalu diidentikan dengan permasalahan, dikarenakan dianggap sebagai pelaku usaha yang mengganggu ketertiban, kebersihan dan keamanan lingkungan terutama di pusat-pusat perdagangan. Keadaan demikian memacu para Pengurus Pusat Koperasi Pedagang Kaki Lima untuk mengorganisir para pelaku usaha tersebut, sehingga keberadaan pedagang kaki lima dapat diakui sebagai pengusaha mikro informal yang memperkuat posisi organisasi koperasi.
Selain itu juga PUSKOPANTI Jawa Barat mempunyai motto :
“NULUNG KANU BUTUH, NALANG KANU SUSAH”
(Menolong orang yang memerlukan pertolongan dan memberikan pertolongan bagi
orang yang sedang susah).
PUSKOPANTI JAWA Barat selalu ingin menjadi motivator dan fasilitator untuk mendorong masyarakat sekitarnya dan selalu mengarahkan setiap organisasi di tengah masyarakat agar hidup berkoperasi. KOPANTI Jawa Barat selalu melaksanakan berbagai aktifitas sosial yang diantaranya :
Melaksanakan Khitanan massal yang diperuntukan bagi putra anggota dan masnyarakat sekitar yang berada di wilayah Jawa Barat yang ekonominya kurang.
Menyelengggarakan Shalat Tarawih bersama setiap bulan Ramadhan dengan para anggota KOPANTI dan masyarakat sekitar yang bertempat di Kantor PUSKOPANTI.
Memberikan Tajil buka puasa kepada masyarakat sekitar selama bulan Ramadhan setiap 1 minggu 2 kali.
Menyelenggarakan pembagian nasi dus kepada para kaum Dhuafa yang dilaksanakan setiap selesai sholat jumat (pengamen jalanan, tukang sampah dan tukang becak).
Memberikan bantuan baik moril maupun materil untuk korban bencana alam Tsunami yang berada di wilayah Jawa Barat.
Mendirikan lembaga pendidikan Madrasah Diniyah dan lembaga pendidikan informal keterampilan.
Mendirikan tempat peribadatan yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat yang berlokasi sbb :
· Mesjid AL – AZWAR di Kampung Kaduriung Kec. Paseh Kab. Bandung.
· Musholla AL – UKHUWAH di Permata Biru Kec. Cinunuk Kab. Bandung.
· Mesjid “ LAN TA BUU RON” di desa Neglasari Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat . Bapak Danny Setiawan
· Mesjid NURUL HASNAH AL – LUDIN Desa Margalaksana Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat . Bapak Dede Yusuf.
· Mesjid Jami Yusuf Al-Barokah di Desa Antralina Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat . Bapak Dede Yusuf.
· Mesjid Jami Al-Azwar di Pondok Pesatren Bustanul A’rifin di Kampung Anclahan Desa Pangkalan Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Ciamis. Diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat . Bapak Dede Yusuf
· Melaksanakan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan setiap hari raya Idul Adha dan bertempat di Kantor PUSKOPANTI dan dilokasi pembangunan mesjid yang diperuntukan untuk masyarakat sekitar dan anggota.
· Melaksanakan Gerak Jalan Kopersi dalam acara HUT Koperasi ke 58.
· Melaksanakan Pengobatan Gratis diberbagai daerah di wilayah Jawa Barat yang dilaksanakan oleh Team Medis PUSKOPANTI Jawa Barat.
· Melaksanakan Khitanan Massal baik bagi para anggota PUSKOPANTI Jawa Barat maupun warga masyarakat Jawa Barat pada umumnya.
· Melaksanakan Khitanan Gratis setiap hari sabtu dan minggu di kantor PUSKOPANTI Jawa Barat.
· Melaksanakan penjaringan para penderita penyakit katarak yang bekerja sama dengan RS. Mata Cicendo Bandung.
· Menjalin silahturahmi dengan Instansi, Ormas dan masyarakat dari daerah luar melalui olah raga pertandingan sepak bola persahabatan yang diantaranya :
1. KOPANTI CUP I
Piala Bergilir Bapak DR. Ir. Muslimin Nasution
2. KOPANTI CUP II
Piala Bergilir Bapak DR. Ir. Muslimin Nasution
3. COOPERATIVE FOOT BALL I
Piala Bergilir Menteri Negara Koperasi & UKM RI Bapak Suryadharma Ali dan Piala tetap GUBERNUR Jawa Barat Bapak Dani Setiawan. (Bekerjasama dengan PT. HM. Sampoerna Tbk).
4. COOPERATIVE FOOT BALL II
Piala Bergilir Menteri Negara Koperasi & UKM RI Bapak Suryadharma Ali dan Piala tetap GUBERNUR Jawa Barat Bapak Dani Setiawan. (Bekerjasama dengan PT. HM. Sampoerna Tbk).
PUSKOPANTI Jawa Barat memberikan kesempatan kepada seluruh warga masyarakat yang ingin mendapatkan dan berpartisipasi dalam setiap program PUSKOPANTI Jawa Barat dapat menghubungi :
KANTOR : PUSKOPANTI Jawa Barat
Jl. Gatot Subroto No. 489 Bandung
Jawa Barat – Indonesia.
Telp/Fax : 022.7311792
e-Mail : kopanti_jawabarat@yahoo.co.id
Blog : kopanti-jabar.blogspot.com
kopanti-jabarAdvertaising.blogspot.com
kopanti-jabarBaksos.blogspot.com
kopanti-jabarPembangunanmesjid.blogspot.com

7 komentar:

  1. TIM MEDIS KOPANTI bersabda :
    MAJU TERUS KOPANTI...
    MAJUKAN RAKYAT KECIL...
    BUKTIKAN PADA DUNIA ORANG KECIL DAN MINORITAS
    ADALAH TITIK AWAL ORANG BESAR & SUKSES...

    BalasHapus
  2. teruntuk yang memasukkan gambar foto,,,
    aduwhhhh,,, foto artisnya ga da yg lbh bagus y? heheheheh
    tolong donk,,foto dian satro aja d masukkinnya hehehheheh
    buat BPK ANDRA... jgn nyanyi aj ma band nya...
    majukkan kaum kecil..jgn HEDONISME ,,,
    becanda papa,,,mmuach
    -KK-

    BalasHapus
  3. "NAFAS KOPANTI ADALAH NAFAS KAMI KAUM MINORITAS
    HIDUP KOPANTI ADALAH HIDUP KAMI RAKYAT KECIL
    TUJUAN KOPANTI ADALAH MASA DEPAN KAMI
    KAMI AKAN TERUS MENYONGSONG HARI DAN MENGGEBRAK DUNIA BERSAMA KOPANTI"

    BalasHapus
  4. wah so incredeble hari gini masi ada yang peduli!! maju terus angkat lengan mu dan teriakan ALLAHUAKBAR 3x.

    BalasHapus
  5. jalin terus tali silaturahmi sambil membantu sesama,maju terus kopanti jabar.

    BalasHapus
  6. hatur nuhun nembe ngiringan ka koprasi "puskopanti " tiasa ngaringankeun beban punduk ku kosongna warung alit tiasa ngisi kakosongan warung janteun hampang ngalangkah dagang ,manjangkeun hirup,tiasa ngarenghap deui dina ka manyunan lesuna dagang bingah karasa walau hutang bisa d tuntut lunas...maju terus koprasi saling asah saling asih saling asuh hatur nuhun wasssalam

    BalasHapus
  7. Kpda yth pengurus kopanti...mhon maaf sblumnya..sekarang kenapa kopanti jadi kesulitan dana...uang tabungan pun ga bisa diambil...klo dulu mw pinjem pun ga susah..tpi sekarang ambil tabungan susahnya minta ampun...saya sudah bolak-balik kekantor kopanti cabang suryani..tpi para pengurusnya pada susah dihubungi...saya sangat prihatin dengan keadaan kopanti sekarang...

    BalasHapus